Bandara Wiriadinata Prematur Dalam Penerbangan Komersil

Bandara Wiriadinata Prematur Dalam Penerbangan Komersil
Bandara Wiriadinata Tasikmalaya terkesan prematur dalam melayani penerbangan komersial, meskipun izin penerbangan dan slot bagi maskapai penerbangan sudah keluar mulai Rabu, 21 Juni 2017 ini. Pihak Pengelola Bandar Udara Wiriadinata masih menunggu konfirmasi dari maskapai penerbangan terkait kesiapan mereka untuk melayani penerbangan pesawat komersial.

Kepala Satuan Pelaksana Bandar Udara Wiriadinata Risdiyanto mengatakan, secara aturan Bandara Wiriadinata memang sudah bisa melayani penerbangan komersial. Namun, ada permasalahan teknis yang menurut dia membuat penerbangan komersial perdana tidak dapat terlaksana, Rabu ini.

"Saya di sini harus netral, kalau kita sebenarnya dari sisi operasional sudah bisa, namun kalau masalah belum bisanya kenapa, mungkin harus Wali Kota Tasikmalaya langsung yang harus menjelaskan. Izin slotnya per hari ini memang keluar," ucap Risdiyanto saat dijumpai di Bandara Wiriadinata, Rabu, 21 Juni 2017. 

Baca Juga :



Risdiyanto mengatakan, dari hasil verifikasi terakhir, terminal kedatangan penumpang mulai dari ruang tunggu, ruang kedatangan, dan ruang check in penumpang sudah disiapkan. Pemerintah Kota Tasikmalaya juga sudah mempersiapkan pintu bandara di sisi utara Gerbang Lanud Wiriadinata. Rambu-rambu lalu lintas penunjuk pintu masuk Bandara Wiriadinata juga sudah terpasang di sisi jalan.

Kendati demikian, dari pantauan "PR" belum ada aktifitas penjagaan ketat untuk masuk ke Bandara Wiriadinata. Siapapun bisa masuk ke bandara karena belum ada portal penutup pada jalan menuju Bandara Wiriadinata.

"Ini belum berjalan saja, nanti akan ada lintasan baru dengan sistem sipil. Karena belum resmi, jadi belum ada portal, belum ada screening penumpang juga," ucap Risdiyanto.

Menurut Risdiyanto, aktivitas screening penumpang bisa dilakukan jika penerbangan komersial sudah dimulai. Nantinya, hanya penumpang bertiket saja yang diperbolehkan masuk ke area Bandara Wiriadinata. 
Baca juga :

Mengenal 3 Kereta Inspeksi di Indonesia

Promo Railink Diskon Lebaran





Sejauh ini, Bandara Wiriadinata belum melayani penjualan tiket pesawat rute Tasikmalaya - Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta atau sebaliknya. Menurut Risdiyanto, pelayanan pembelian tiket untuk sementara ini dilakukan secara daring oleh pihak maskapai.

Saat ini dari informasi yang diterima Satuan Pelaksana Bandara Wiriadinata, maskapai penerbangan komersial yakni Wings Air dengan pesawat tipe ATR 72-500/600 sedang mengkaji waktu dan tarif penerbangan dengan rute Halim-Wiridianata. ‎

Mengenai tata cara penumpang, Risdiyanto memastikan skema kedatangan penumpang pesawat sudah disesuaikan dengan aturan yang ada. "Kita sesuaikan aturan kementerian. Simpel saja, untuk sementara pembelian tiketnya karena masih online, jadi penumpang tinggal memperlihatkan kode booking. Nanti baru check in maskapai, scanning, dan duduk di ruang tunggu sebelum pesawat berangkat," ucap Risdiyanto.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rail One, Kereta Mewah Milik Pemerintah

Wings Air Hadir di Bandara Notohadinegoro Jember 31 Juli 2017